Wednesday, July 14, 2010

Contract With God Trilogy


Ini adalah salah tiga buku hasil karya Will Eisner.. (A Contract With God; A Life Force; dan Dropsie Avenue: Neighborhood)

Karya Bapak Will Eisner ini merupakan gebrakan besar di jamannya, karena Bapak Will Eisner bertindak sebagai perintis keberadaan Novel Grafis... Oleh karena Bapak Will Eisner merupakan perintis "aliran" Novel Grafis, maka Bapak Will Eisner diabadikan namanya menjadi piala Eisner yang dianugrahkan kepada para penulis novel grafis dengan karya-karya fenomenal. Menurutku sih, novel grafis gak ada bedanya sama komik, yang membedakan cuman jenis tema yang diangkat (lebih "berat" di novel grafis) dan jenis gambarnya (lebih "realis" di novel grafis, yah mirip realisnya komik Musashi lahh)...
Buku ini menceritakan kehidupan sehari-hari warga di jalan Dropsie... Mulai dari kehidupan orang-orang di lingkup sinagoga, pengamen jalanan, elite Amerika, sampai pelacur dan pembunuh. Kalau kamu menyukai film Crash, pasti menyukai alur di novel ini... yaa alur yang saling berkaitan satu sama lainnya gitu lahh..
Komik, eh novel ini cocoknya dibaca oleh warga yang sudah 20 tahun ke atas yaa... jadi ndak cucok buat anak kecil ya nekk..
Btw, dari ketiga novel itu, aku paling suka yang terakhir, yaitu dengan judul Dropsie Avenue: Neighborhood. Novelnya menceritakan bagaimana suatu jalanan, area Dropsie bertransformasi dari daerah elit menjadi daerah kumuh, hingga akhirnya mati... Sungguh ironis...
Banyak sekali pelajaran mengenai SARA di buku ini.. memang membeda-bedakan kasta berdasarkan SARA bukanlah hal yang baik, karena hanya mengarah pada keburukan.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment